Rabu, 09 Juni 2010

BCG (Boston Conseling Group) dan Matriks BCG McKinsey

Matriks BCG (Boston Consulting Group)

Matriks BCG (alias analisis BCG, BCG-matriks, Boston Box, Boston Matrix, Boston Consulting Group analisis, diagram portofolio) adalah tabel yang telah dibuat oleh Bruce Henderson untuk Boston Consulting Group pada tahun 1968 untuk membantu perusahaan dengan menganalisa mereka bisnis unit atau lini produk . This helps the company allocate resources and is used as an analytical tool in brand marketing , product management , strategic management , and portfolio analysis . [ 1 ] Hal ini membantu perusahaan mengalokasikan sumber daya dan digunakan sebagai alat analisis dalam pemasaran merek , manajemen produk , manajemen strategis , dan analisis portofolio . [1]
 
 
set Folio plot contoh kumpulan data
Seperti Ansoff's matriks, Boston Matrix adalah alat terkenal dengan manajer pemasaran. Ini dikembangkan oleh kelompok konsultan AS yang besar dan merupakan suatu pendekatan untuk perencanaan produk portofolio. Ini memiliki dua aspek yaitu mengendalikan pangsa pasar relatif (arti relatif terhadap pesaing Anda) dan pertumbuhan pasar. Anda akan melihat masing-masing produk yang berada dalam jangkauan Anda (atau portofolio) dan menempatkannya di atas matriks. Anda akan melakukan hal ini untuk setiap produk dalam jangkauan. Anda kemudian dapat plot produk pesaing Anda untuk memberikan pangsa pasar relatif.
ini adalah sederhana dengan berbagai cara dan matriks memiliki beberapa keterbatasan dimengerti bahwa akan dipertimbangkan kemudian.  Setiap sel memiliki nama sendiri sebagai berikut.
 

 
Anjing. Ini adalah produk dengan pangsa pasar yang rendah pertumbuhan rendah. Mereka tidak menghasilkan uang bagi perusahaan, mereka cenderung untuk menyerap itu. Singkirkan produk ini.
 
Kas Sapi.  Ini adalah produk dengan pangsa tinggi dari pertumbuhan pasar yang rendah.  Kas Sapi menghasilkan lebih daripada yang diinvestasikan di dalamnya.  Jadi menjaga mereka dalam portofolio Anda produk untuk saat ini.
 
Soal Anak-anak. Ini adalah produk dengan pangsa pasar yang rendah pertumbuhan yang tinggi.  Mereka mengkonsumsi sumber daya dan menghasilkan sedikit kembali.  Mereka menyerap sebagian besar uang ketika Anda berusaha untuk meningkatkan pangsa pasar.
 
Bintang. Ini adalah produk yang di pasar pertumbuhan yang tinggi dengan tinggi pangsa pasar itu.  Bintang cenderung menghasilkan jumlah pendapatan yang tinggi Jauhkan dan membangun bintang Anda.
Carilah semacam keseimbangan dalam portofolio Anda.  Cobalah untuk tidak memiliki Anjing. Kas Sapi, Masalah Anak-anak dan Bintang harus disimpan di semacam keseimbangan.  Dana yang dihasilkan oleh Anda Kas Sapi digunakan untuk mengubah masalah anak-anak menjadi Bintang, yang pada akhirnya dapat menjadi Sapi Kas.  Beberapa Masalah Anak-anak akan menjadi Anjing, dan ini berarti bahwa Anda akan memerlukan kontribusi lebih besar dari produk yang sukses untuk mengimbangi kegagalan.
Masalah dengan The Matrix Boston .  Ada asumsi bahwa tingkat keuntungan yang lebih tinggi berhubungan langsung dengan tingginya tingkat pangsa pasar.  Ini mungkin tidak selalu demikian.  Ketika Boeing meluncurkan jet baru, mungkin mendapatkan pangsa pasar yang tinggi dengan cepat tetapi masih memiliki untuk menutupi biaya pengembangan yang sangat tinggi.  Hal ini biasanya diterapkan pada Strategic Business Unit (SBU). . Ini adalah area bisnis daripada produk. Sebagai contoh, Ford memiliki Landrover di Inggris.  Ini merupakan SBU tidak satu produk.  Ada lagi asumsi bahwa UBS akan bekerja sama. Hal ini tidak selalu terjadi.  Masalah utama adalah bahwa hal itu terlalu menyederhanakan seperangkat keputusan yang kompleks.

penggunaan praktis dari BCG Matrix

Untuk setiap produk atau layanan, 'wilayah' lingkaran merupakan nilai penjualannya. TThe Matrix BCG sehingga menawarkan peta 'sangat berguna' produk organisasi (atau jasa) kekuatan dan kelemahan, paling tidak dalam hal keuntungan saat ini, serta kemungkinan arus kas. Kebutuhan yang mendorong gagasan ini, memang, bahwa pengelolaan-arus kas.  Itu beralasan bahwa salah satu indikator utama generasi kas pangsa pasar relatif, dan satu yang menunjuk penggunaan kas adalah bahwa tingkat pertumbuhan pasar.
Derivatif juga dapat digunakan untuk menciptakan portofolio produk layanan analisis.  Jadi Sistem Informasi layanan dapat diperlakukan sesuai. 

pangsa pasar relatif

Hal ini menunjukkan generasi kas mungkin, karena semakin tinggi berbagi uang lebih akan dihasilkan. Sebagai hasil dari 'skala ekonomi' (asumsi dasar Matrix BCG), diasumsikan bahwa pendapatan akan tumbuh lebih cepat semakin tinggi berbagi.  Ukuran yang tepat adalah berbagi merek relatif terhadap pesaingnya terbesar.  Jadi, jika merek memiliki saham 20 persen, dan pesaing terbesar yang sama, rasio akan 1:1. Jika pesaing terbesar memiliki saham 60 persen, namun rasio akan 1:3, menyiratkan bahwa merek organisasi berada dalam posisi yang relatif lemah. Jika pesaing terbesar hanya memiliki saham sebesar 5 persen, rasio akan 4:1, menyiratkan bahwa merek yang dimiliki berada dalam posisi yang relatif kuat, yang mungkin tercermin dalam laba dan arus kas. Jika teknik ini digunakan dalam praktek, skala logaritmik ini, tidak linier.
Di sisi lain, apa yang merupakan bagian relatif tinggi adalah menjadi bahan perdebatan beberapa. Bukti terbaik adalah bahwa posisi yang paling stabil (paling tidak dalam Fast Moving Consumer Goods FMCG pasar) adalah pemimpin merek untuk berbagi dua kali lipat dari merek kedua, dan tiga bahwa dari ketiga. Merek pemimpin dalam posisi ini cenderung sangat stabil dan menguntungkan; Peraturan 123.
Alasan untuk memilih pangsa pasar relatif, bukan keuntungan saja, adalah bahwa ia membawa lebih dari sekedar informasi arus kas.  Ini menunjukkan di mana merek diposisikan terhadap pesaing utama, dan menunjukkan mana mungkin akan pergi di masa depan. Hal ini juga dapat menunjukkan jenis aktivitas pemasaran dapat diharapkan akan efektif.

Pasar laju pertumbuhan

Berkembang pesat dalam pasar yang berkembang pesat, adalah apa organisasi berusaha untuk, tetapi, sebagaimana telah kita lihat, hukuman adalah bahwa mereka biasanya pengguna kas bersih - mereka memerlukan investasi. Alasan untuk ini adalah sering karena pertumbuhan sedang 'dibeli' oleh investasi yang tinggi, dengan harapan yang beralasan bahwa pangsa pasar yang tinggi pada akhirnya akan berubah menjadi keuntungan investasi yang sehat di masa depan.  Teori di balik mengasumsikan matriks, oleh karena itu, bahwa tingkat pertumbuhan yang lebih tinggi merupakan indikasi dari tuntutan atas investasi.  Titik cut-off biasanya dipilih sebagai 10 persen per tahun.  Menentukan ini-cut off point, laju pertumbuhan di atas yang dianggap penting (dan kemungkinan menyebabkan tuntutan tambahan atas kas) adalah kebutuhan kritis terhadap teknik, dan yang, sekali lagi, membuat penggunaan Matriks BCG problematis di beberapa daerah produk. Terlebih lagi, bukti, dari FMCG pasar setidaknya, adalah bahwa pola yang paling khas adalah pertumbuhan yang sangat rendah, kurang dari 1 persen per tahun.  ] Ini adalah di luar jangkauan biasanya dianggap dalam pekerjaan Matrix BCG, yang dapat membuat aplikasi bentuk analisis tidak bisa dijalankan di banyak pasar.
Dimana dapat diterapkan, namun laju pertumbuhan pasar mengatakan lebih lanjut tentang posisi merek dari sekedar arus kas.  Ini merupakan indikator yang baik bahwa kekuatan pasar, potensi masa depan (dari 'jatuh tempo' dalam hal siklus hidup pasar), dan juga daya tarik untuk pesaing di masa depan. Hal ini juga dapat digunakan dalam analisis pertumbuhan. 

evaluasi Kritis

Peringkat matriks hanya berbagi pasar dan laju pertumbuhan industri, dan hanya menyiratkan aktual profitabilitas , tujuan bisnis. (Memang mungkin bahwa anjing tertentu bisa menguntungkan tanpa infus kas yang diperlukan, dan karenanya harus dipertahankan dan tidak dijual matriks.) Juga mengabaikan unsur-unsur lainnya industri. Dengan ini atau alat analisis lainnya seperti, unit usaha peringkat memiliki unsur subjektif yang melibatkan perkiraan tentang masa depan, terutama berkaitan dengan tingkat pertumbuhan. Kecuali peringkat didekati dengan ketelitian dan skeptisisme, evaluasi optimis dapat menyebabkan dot com mentalitas yang bahkan meragukan bisnis paling diklasifikasikan sebagai "tanda tanya" dengan prospek yang baik; manajer antusias dapat mengklaim bahwa uang tunai harus dibuang di bisnis ini segera untuk mengubahnya menjadi bintang, sebelum tingkat pertumbuhan yang lambat dan terlambat. Definisi Miskin bisnis pasar akan menyebabkan beberapa anjing menjadi terkelompokan secara tepat sebagai sapi kas.
Sebagai awalnya dilakukan oleh Boston Consulting Group, [2] matriks itu jelas sangat berguna, dalam beberapa situasi di mana dapat diterapkan, untuk grafis menggambarkan arus kas.  Jika digunakan dengan tingkat kecanggihan penggunaannya akan tetap berlaku. Namun, kemudian praktisi cenderung terlalu menyederhanakan pesan tersebut.  Secara khusus, aplikasi kemudian dari nama-nama (masalah anak-anak, bintang, kas sapi dan anjing) cenderung untuk menaungi semua yang lain-dan sering apa yang sebagian besar siswa, dan praktisi, ingat.
Hal ini sangat disayangkan, karena menggunakan sederhana seperti memiliki sedikitnya dua masalah utama:
Minoritas penerapan'. Teknik-teknik arus kas hanya berlaku untuk jumlah yang sangat terbatas pasar (di mana pertumbuhan relatif tinggi, dan pola yang pasti dari siklus hidup produk-dapat diamati, seperti obat-obatan etika).  Pada sebagian besar pasar, gunakan dapat memberikan hasil yang menyesatkan.
.'Sapi perah susu kas'.  Mungkin implikasi terburuk dari perkembangan kemudian adalah bahwa pemimpin merek () lembu kas harus diperah untuk mendanai merek-merek baru. Ini bukan apa penelitian ke pasar FMCG telah terbukti demikian.  Posisi pemimpin merek adalah satu, di atas semua, harus dipertahankan, paling tidak sejak merek di posisi ini mungkin akan mengungguli sejumlah merek baru diluncurkan.  pemimpin merek tersebut akan, tentu saja, menghasilkan arus kas yang besar, tetapi mereka seharusnya tidak `diperah 'sedemikian rupa bahwa posisi mereka adalah membahayakan. Dalam kasus apapun, peluang merek-merek baru mencapai kepemimpinan merek yang mirip dapat ramping-jelas jauh lebih sedikit daripada persepsi populer Matrix Boston akan berarti.
Namun demikian, jelas bahwa implikasi dari empat kuadran bentuknya adalah bahwa harus ada keseimbangan dari produk atau layanan di seluruh empat kuadran, dan itu adalah, memang, pesan utama yang memang ditujukan untuk menyampaikan.  Jadi, uang harus dialihkan dari sapi `uang 'untuk membiayai` bintang masa depan, karena `sapi perah' pasti akan turun menjadi` anjing '. Ada yang tidak terelakkan hampir hipnotis tentang seluruh proses.  Ini memfokuskan perhatian, dan pendanaan, ke `bintang '. Hal ini mengandaikan, dan hampir tuntutan, bahwa sapi jantan `uang 'akan berubah menjadi` anjing'.
Kenyataannya adalah bahwa hanya sapi jantan kas `'yang sangat penting-semua elemen lain yang mendukung aktor. Ini adalah vendor yang bodoh yang mengalihkan dana dari `kas sapi saat ini diperlukan untuk memperpanjang umur produk` . Meskipun perlu untuk mengakui `anjing 'ketika muncul (setidaknya sebelum menggigit Anda) itu akan bodoh dalam ekstrem untuk membuat satu dalam rangka untuk menyeimbangkan foto itu.  Vendor, yang sebagian besar (atau wanita)-nya produk di sapi kas `'kuadran, harus mempertimbangkan dirinya (sendiri) beruntung, dan pemasar yang baik, meskipun ia mungkin juga mempertimbangkan untuk membuat beberapa bintang sebagai asuransi kebijakan terhadap perkembangan masa depan yang tak terduga dan, mungkin, untuk menambahkan beberapa pertumbuhan ekstra. Dalam anjing banyak pasar '' dapat dianggap kerugian-pemimpin yang sementara tidak sendiri menguntungkan akan mengakibatkan peningkatan penjualan di daerah yang menguntungkan lainnya.

Alternatif

Seperti dengan teknik pemasaran yang paling, ada sejumlah penawaran alternatif bersaing dengan Matriks BCG meskipun hal ini tampaknya yang paling luas digunakan (atau setidaknya yang paling banyak diajarkan-dan maka mungkin 'tidak' digunakan). Berikutnya yang paling banyak melaporkan teknik yang dikembangkan oleh McKinsey dan General Electric, yang merupakan tiga-sel oleh tiga-sel menggunakan matriks-dimensi `daya tarik industri 'dan` kekuatan bisnis'. Pendekatan ini beberapa isu yang sama dengan Matriks BCG tapi dari arah yang berbeda dan dalam cara yang lebih kompleks (yang mungkin mengapa digunakan kurang, atau paling tidak kurang diajarkan secara luas).  Mungkin pendekatan yang paling praktis adalah bahwa dari Boston Consulting Group Advantage Matrix , yang konsultasi yang dilaporkan digunakan sendiri meskipun sedikit dikenal di kalangan penduduk yang lebih luas.

Kegunaan lain

Tujuan awal dari bagian-pertumbuhan matriks adalah untuk mengevaluasi unit bisnis, tapi evaluasi yang sama dapat dibuat untuk lini produk atau menghasilkan uang-entitas lain. Ini hanya harus berusaha untuk saluran nyata yang memiliki sejarah yang cukup yang memungkinkan beberapa prediksi, jika perusahaan telah membuat hanya beberapa produk dan memanggil mereka garis produk, varians sampel akan terlalu tinggi untuk analisis semacam ini akan bermakna.

McKinsey Matriks BCG


Matrix GE atau McKinsey Matrix adalah alat strategis untuk analisis portofolio. I Hal ini mirip dengan Matrix BCG dan benar-benar GE / McKinsey Matrix adalah perluasan dari Matrix BCG - multifaktor alat analisis portofolio. Alat ini membandingkan bisnis yang berbeda pada "Kekuatan Bisnis" dan "Pasar Daya Tarik" variabel, ditambah ukuran gelembung merupakan ukuran pasar bukan bisnis penjualan yang digunakan dalam BCG Matrix, dan pangsa pasar atau bisnis penjualan vs ukuran pasar direpresentasikan sebagai pie chart di dalam gelembung.  Hal ini memungkinkan pengguna bisnis untuk membandingkan kekuatan bisnis, daya tarik pasar, ukuran pasar, dan pangsa pasar untuk berbagai unit bisnis strategis (SBU) atau penawaran produk yang berbeda.
Analisis portofolio alat strategis telah awalnya dikembangkan oleh GE dan McKinsey.
 
GE Matrix Positions and Strategy GE Matrix Posisi dan Strategi
 
GE / McKinsey Matrix dibagi menjadi sembilan sel - sembilan alternatif untuk penentuan posisi dari setiap SBU atau menawarkan produk. Berdasarkan kekuatan bisnis dan daya tarik pasar setiap SBU akan memiliki posisi yang berbeda dalam matriks. Selanjutnya, ukuran pasar dan penjualan saat ini akan membedakan masing-masing SBU.  Berdasarkan pemahaman yang jelas dari semua faktor-faktor pengambil keputusan yang mampu mengembangkan strategi yang efektif.
Sembilan sel dalam matriks dapat dikelompokkan menjadi tiga segmen utama:

 
Segment 1: Segmen 1: This is the best segment. Ini adalah segmen terbaik. The business is strong and the market is attractive. bisnis kuat dan pasar menarik. The company should allocate resources in this business and focus on growing the business and increase market share. Perusahaan harus mengalokasikan sumber daya dalam bisnis ini dan memfokuskan pada pertumbuhan bisnis dan meningkatkan pangsa pasar.


 
Segment 2: The business is either strong but the market is not attractive or the market is strong and the business is not strong enough to pursue potential opportunities. Segmen 2: usaha ini baik yang kuat, tetapi pasar tidak menarik atau pasar yang kuat dan bisnis tidak cukup kuat untuk mengejar peluang potensial. Decision makers should make judgment on how to further deal with these SBUs. Para pembuat keputusan harus membuat keputusan tentang bagaimana untuk menangani lebih lanjut dengan SBU ini. Some of them may consume to much resources and are not promising while others may need additional resources and better strategy for growth. Beberapa dari mereka mungkin mengkonsumsi banyak sumber daya dan tidak menjanjikan sedangkan yang lain mungkin membutuhkan sumber daya tambahan dan strategi yang lebih baik untuk pertumbuhan.

 
Segment 3: This is the worst segment. Segmen 3: Ini adalah segmen terburuk. Businesses in this segment are weak and their market is not attractive. Bisnis di segmen ini adalah lemah dan pasar tidak menarik. Decision makers should consider either repositioning these SBUs into a different market segment, develop better cost-effective offering, or get rid of these SBUs and invest the resources into more promising and attractive SBUs. Para pembuat keputusan harus mempertimbangkan baik reposisi SBU ini ke segmen pasar yang berbeda, mengembangkan menawarkan biaya-efektif yang lebih baik, atau menyingkirkan SBU ini dan menginvestasikan sumber daya ke dalam menjanjikan dan menarik lebih SBU.

Sumber : http://en.wikipedia.org

1 komentar:

  1. kita juga punya nih artikel mengenai 'Matrik BCG', silahkan dikunjungi dan dibaca , berikut linknya
    http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/2085/1/Artikel_10205462.pdf
    terimakasih

    BalasHapus